Our Blog post image goes here

Pada tanggal 14-15 Juli 2020, Jurusan Teknik Kimia UPN "Veteran" Yogyakarta menyelenggarakan Webinar SNTKK (Seminar Nasional Teknik Kimia Kejuangan) tahun 2020. Acara seminar ini menghadirkan pembicara kunci 1 Laksdya Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD (Rektor Universitas Pertahanan) yang mewakili Menhan RI, serta pembicara kunci 2 Ir. Alva Edy Tontowi, M.Sc., Ph.D, IPM, ASEAN-Eng.
Pak Octavian menyampaikan materi yang mereview arah perkembangan teknologi di bidang pertahanan dan keamanan. Di mana dengan arah perkembangan ekonomi dan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia, maka penguasaan teknologi itu mutlak diperlukan untuk dapat memberikan nilai tambah terhadap sumber daya alam yang dimiliki.
Adapun pak Alva menyajikan materi yang berjudul "Beyond Paper" yang intinya adalah mengenai hilirisasi kegiatan saintifik di mana luarannya tidak hanya berupa makalah dan laporan, tetapi harus bisa memberikan manfaat yang riil secara ekonomi. Mengenai fase hilirisasi ini, beliau membagi dua domain, yaitu domain akademisi dan domain bisnis. Kedua domain ini memiliki karakteristik dan tantangan yang berlainan, sehingga diperlukan peran inkubator-inkubator bisnis untuk dapat mem-"bisnis"-kan hasil penelitian dan menjadi perantara antara domain akademis dan domain bisnis.
Setelah sesi keynote speech ini, maka seminar dilanjutkan dengan sesi diskusi kelas, di mana tiap pemakalah dibagi ke dalam ruang virtual yang berbeda. Berbagai topik penelitian dipaparkan dalam sesi diskusi kelas, mulai dari energi terbarukan, pengolahan limbah, sistem teknik kimia, pengolahan migas, dsb.
Diharapkan hasil-hasil penelitian yang dipaparkan dapat dilanjutkan hingga ke fasa berikutnya sehingga dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat bangsa dan negara.