Our Blog post image goes here

SLEMAN – Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap I di UPNVY mulai dilaksanakan Minggu 5 Juli 2020. Semua peserta dan panitian mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

Sebanyak 2.441 peserta akan mengikuti UTBK di Kampus II Universitas Pembangunan Pembangunan Veteran Yogyakarta (UPNVY). UTBK tahap I ini berlangsung selama 9 hari mulai tanggal 5 Juli hingga 13 Juli 2020. Setiap hari UTBK diikuti oleh 300 peserta yang dibagi menjadi dua sesi, yaitu pagi (9.30 – 11.15 WIB) dan siang (14.30 – 16.15 WIB). 

Untuk mendukung kegiatan ini UPNVY menggunakan 10 laboratorium Teknik Informatika di Gedung Patimura Kampus II Babarsari. Setiap laboratorium difasilitasi dengan 15 unit komputer utama, 5 unit komputer cadangan, satu orang pengawas dan satu tenaga teknis.

Pelaksanaan UTBK menggunakan standar protokol kesehatan Covid-19. Para peserta yang berasal dari dalam dan luar DIY ini diwajibkan menunjukkan surat keterangan sehat, memakai masker, handscoon, baju lengan panjang dan pelindung wajah atau kacamata google. Sebelum memasuki ruangan, peserta diarahkan untuk mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah ditentukan dan dicek suhu tubuhnya, serta tetap menjaga jarak. Jika suhu peserta mencapai 37,5 derajat Celsius atau lebih, maka tidak diijinkan untuk mengikuti UTBK dan disarankan menjalankan rapid diagnostic test (RDT). Peserta yang tidak memenuhi protokol kesehatan tidak diijinkan mengikuti UTBK. Selain itu UPNVY menyediakan ruang khusus bagi peserta yang sakit pada saat ujian dan mobil ambulans untuk kasus gawat darurat.

Semua panitia yang terlibat dalam kegiatan ini juga memakai masker, handscoon dan pelindung wajah. Khusus tim pengawas, tim teknis dan petugas kebersihan dilengkapi dengan pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap, yang terdiri dari masker bedah, pelindung wajah, handscoon, dan pakaian hazmat.

Usai ujian di setiap sesi, semua ruangan dan komputer disterilisasi menggunakan cairan desinfektan.

Rektor UPNVY Muhammad Irhas Effendi mengatakan, bahwa dengan protokol ini diharapkan UTBK berjalan aman dan terjamin.