DETAIL INFORMASI
Prodi Kimia UPN "Veteran" Yogyakarta Mengadakan Seminar Nasional Teknik Kimia "Kejuangan" 2015 :: dipost pada 29 April 2015
smile

Yogyakarta, upnyk.ac.id. - Program Studi Teknik Kimia UPN "Veteran" Yogyakarta telah mengadakan Seminar Nasional Teknik Kimia "Kejuangan" 2015 pada Tanggal 18 Maret 2015 bertempat di Gedung Antasari UPN "veteran" Yogyakarta Condongcatur Sleman Yogyakarta. Seminar yang dihadiri dari berbagai Universitas di Nusantara ini berjalan dengan sukses. Adapun pembicara utama adalah Dr. Ir. Sukhyar dari Direktorat Jendral ESDM dengan topik Pengembangan Teknologi Kimia untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia dan Dr. Nadirah dari Pusat Teknologi Industri Proses BPPT dengan topik Pemanfaatan Teknologi Syngas untuk Petrokimia dan Teknologi Pupuk SRF. Semua makalah yang diseminarkan telah dipublikasikan dalam Prosiding Seminar Nasional "Kejuangan" yang ber ISSN 1693-4393. 

Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan” merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Kimia FTI UPN ”Veteran” Yogyakarta. Seminar ini merupakan sarana komunikasi bagi para peneliti dari perguruan tinggi, institusi pendidikan, serta lembaga penelitian maupun industri, dalam mengembangkan teknologi kimia untuk pengolahan sumber daya alam Indonesia, terutama Pengolahan Sumber Daya Laut yang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah.

Pemanfaatan kekayaan sumber daya alam secara tepat berdasarkan penguasaan teknologi yang berwawasan lingkungan akan menjadi modal utama dalam pertumbuhan perekonomian nasional. Pengolahan sumber daya menjadi produk yang bernilai ekonomis tinggi perlu digalakkan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan sumber daya alam Indonesia.

Industri nasional dapat berkembang baik apabila didukung oleh tersedianya energi yang cukup. Saat ini kebutuhan energi masih bertumpu pada sumber energi fosil yang jumlahnya terbatas. Oleh karena itu, penyediaan energi yang berdasarkan sumber daya alam terbarukan (renewable resources) mempunyai peran sangat penting.

Hasil penelitian dan pengembangan teknologi di berbagai bidang, khususnya teknologi pengolahan sumber daya alam Indonesia, perlu saling diinformasikan agar terjadi sinergi optimal dalam pengembangan industri dan proses kimia. Selain itu, hasil penelitian dan pengembangan teknologi diharapkan dapat menjadi basis untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan masyarakat dan mampu bersaing di pasar dunia.

 

 


iklan gratis pasang iklan gratis iklan gratis indonesia
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
xevil